Jumat, 25 Mei 2012

Menginap di Bandara Changi,Singapore

Sudah lama saya merencanakan untuk menginap di bandara yang keren ini,karena memang kebetulan saya memiliki penerbangan malam hari ke negri singa ini. Sudah banyak  artikel yang saya baca tentang orang-orang yang menginap di sini dan  spot-spot mana saja yang nyaman untuk tempat tidur selama di changi. Dan pada ahirnya saya pun memutuskan untuk menginap di area transit bandara ini dan merasakan kemewahan yang di tawarkannya. :)
Sekitar pukul 21:30 pesawat indonesia airasia yang membawa saya dari jakarta mendarat mulus di bandara changi.  Di lihat dari dalam pesawat ,bangunan bandara changi biasa saja (sangat jauh dengan apa yang saya bayangkan sebelumnya). Namun saat melangkahkan kaki ke luar pesawat,barulah sedikit kemewahan itu terlihat. Begitu menginjakan kaki di area bandara,kaki saya sudah di manjakan dengan empuknya  lantai yang  berupa karpet tebal *kalo di pake guling-guling juga empuk banget kayaknya,,haha.
 Saya bersama beberapa penumpang lain berjalan  menuju area kedatangan,sepanjang jalan menuju area kedatangan banyak tersedia kursi di sisi kiri dan kanan jalan (tapi jangan tidur di sini karena banyak petugas bandara). Ada juga eskalator datar(entahlah apa namanya) buat mereka yang malas jalan. Namun sebelum benar-benar sampai di  area kedatangan (pemeriksaan  imigrasi) saya memutar haluan ke  arah yang berbeda dengan penumpang lain, jika penumpang lain langsung turun menuju area ke datangan (pemeriksaan imigrasi), saya malah menuju area trasit C untuk mencari tempat yang nyaman untuk melepas lelah (baca : tidur). Awalnya sempat bingung mau tidur di bagian mana,karena sejauh mata memandang hanya ada deretan toko-toko dan  tak ada kursi / apapun yang bisa di buat untuk tidur sepanjang jalan menuju area transit C.
Sampai ahirnya saya memutuskan untuk naik  satu lantai karena melihat papan petunjuk restoran 24 jam dan ruang pameran. Alangkah kagetnya saya saat melihat ke adaan di lantai ini, karena  puluhan sopa empuk tersebar di seluruh penjuru ruangan,di tambah lagi ada tempat buat nonton tv dengan tv layar datar yang super besar. Tak hanya di situ saja,ke girangan saya semakin menjadi saat menemukan deretan kursi malas yang langsung menghadap ke kaca yang menyajikan view run way bandara changi. Saya pikir kursi malas ini hanya tersedia di area transit terminal 3 saja,tapi ternyata di area transit terminal 1 pun banyak tersedia. Tanpa basa basi lagi,saya langsung bergabung bersama bule-bule yang sudah terlebih dahulu menempati kursi-kursi ini.
Setelah istirahat sebentar,rasanya sayang jika saya tak mengelilingi bandara ini, ya sekalian mencari ruangan untuk solat. Saya kembali turun ke lantai sebelumnya,karena sebelum naik ke ruang pameran ini, saya melihat papan petunjuk arah menuju ruangan untuk solat. Sepanjang jalan menuju ruangan solat yang letaknya berada di ujung lorong,saya melihat deretan komputer-komputer  yang terhubung dengan jaringan internet  banyak tersebar di beberapa sudut lorong. Karena penasaran,saya pun mencobanya beberapa kali. Saat menggunakan komputer ini,kita hanya akan di beri waktu 15 menit dan saat waktu habis maka akses kita akan di putus dan harus memulai dari awal lagi.
Saya berjalan cukup jauh sebelum ahirnya sampai di ruangan solat,tapi untuk mengakses ruangan ini,saya harus turun satu lantai (lantai kedatanga/area imigrasi) namun tidak melewati pemeriksaan imigrasi. *jika masih bingung letaknya di mana,bertanya saja sama petugas yang ada di situ,mereka akan dengan senang hati memberi tahu kita letaknya (karena letaknya memang sedikit tersembunyi).
free internet access
Selesai denga kewajiban saya,saya kembali menuju area tidur saya malam ini. Namun  sebelumnya,saya menyempatkan diri berkeliling lorong-lorong di area transit ini. Bandara changi memang keren,selain deretan komputer-komputer yang bisa di akses siapa saja, saya pun melihat kursi pijat yang boleh di gunakan siapa saja. Di tambah lagi berbagai macam toko pakaian,parfum,coklat dan masih banyak lagi yang buka 24 jam.
 Puas berkeliling dan berhasil membuat kaki pegal,saya kembali ke area pameran dan mulai menutup malam ini dengan mimpi.
zzzZZZZZ,,,,

25 komentar:

  1. Mas mau tanya dong,,,

    rencananya aku sampai jam 8.30 malam, tp sayang nih bayar penginepan. Nah, klo mau nginep di rest area itu sekaligus jalan2 di changi, apakah di rest area sebelum imigrasi itu ada pertokoan yang bisa di jelajahi :D

    trus klo sama temen beda terminal berarti dia ga bisa ikutan nginep di rest area term 1 yah? naik skytrain nya tuh sebelum imigrasi atau sesudah?

    Apakah disana ada shower? boleh makan di tempat kita tidur itu ga?

    makasiih maap banyak nanya....

    BalasHapus
  2. wah borongan nih pertanyananya,,hehehe
    saya jawab satu2 y..
    itu pusatnya pertokoan,ada restoran,toko parfum,coklat sampai pakaian juga ada, udah kyk mall aja.hehehe
    bisa kok...nanti tinggal naik skytrain aja, skytrain ada 2, yg setelah imigrasi n sebelum imigrasi.
    mengenai shower saya kurang tahu,coz gak mandi di situ,,hehehe
    boleh makan kok,,di situ banyak sofa2 n meja. :)
    have a nice trip y :D

    BalasHapus
  3. waaaah seruu... makin mantep nih nginep di changi aja, trus btw malem2 katanya suka ada pemeriksaan gitu, kira2 klo ga transit kayak gue... aman ga ya?

    Besoknya saat ke imigrasi klo ketauan penerbangan nyampe Changi jam 8.30 malem sebelumnya gitu, itu gpp mas?

    BalasHapus
  4. gak ada pemerikasaan kok...tenang aja.
    saya juga gak transit kok, saya datang ke singapur jam 21:30 dan keluar di imigrasinya besoknya pagi2 jam 6an, n gak di tanya macem2...malah saya datang di terminal 1 tp malah keluar di imigrasi terminal 2. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk.... siiip...

      Thanks brooo infooonyaaa :D

      Hapus
  5. Mas.. Tanya dong.. Klo bawa bagasi gimana?
    Apa bagasinya bisa diambil keesokan paginya?

    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bawa bagasi ya terpaksa harus keluar dari area transit (ngelewati imigrasi)dan setelah keluar dari imigrasi tidak bisa masuk kembali ke area transit. Wah kalau bagasinya di ambil keesokan pagi pasti hilang.

      Hapus
  6. mas kalo qta dr singapore ke jkt, pake flight paling pagi jam 7.45, misalnya sy memutuskan untuk nginep di changi dr malamnya krn takut kesiangan bsknya, itu sebelum qta check in, ada tempat istirahatnya gak? tks mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang begitu paham mba coz blm pernah pulang dr bandara changi. tapi sepertinya banyak kok tempat istirahat di ruangn sebelum chek in.. :)

      Hapus
  7. mas itu keluar dari pesawat langsung ke area transit ada pemeriksaan passport sm penumpang transit bkn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya langsung area transit....
      Gak ada pemeriksaan kok..kecuali d lantai bawah area imigrasi.

      Hapus
  8. Lokasi tepatnya tempat naek ke lantai duanya dimana ? Di sebelah mana dari Terminal 1 ? Takut salah naek eskalator ?

    BalasHapus
  9. mas mau tanya, apa boleh bawa rokok ke singapura?tks

    BalasHapus
  10. Asik kayaknya nginep di bandara ya, belom pernah nih, belom pernah keluar negeri malah hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bang,,,, kalau nginep di bandara gak mesti ke luar negri bang.. aku juga sering nginep di Soetta,, hahaha

      Hapus
  11. Mas, mau tanya, saya rencana mw nginap di changi juga, trs besoknya main disingapur dan malamny langsung ke KL. Nah itu di form kedatangannya singapur saya tulis menginap dmn ya mas? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu gak di isi (kalau gak salah), coz sy kan gak nginep di singapur. Nanti kalau petugas imigrasinya tanya, bilang aja kalau mba mau langsung k KL n gak stay di SIN :).

      Hapus
  12. mas mau tanya kalau kita datengnya ke SIN malem jam 01.00 (rencana pake peswat jam 21.45 dr surabaya) nah itu kalo nunggu di terminal 2 kaya mas, misalkan ada pemeriksaan dan disuruh keluar dari imigrasi..di luar itu ada tempat gak buat nunggu/istirahat/tidur sampe besok pagi nya?...
    thx ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperinya gak ada pemeriksaan mba coz itu kan tempat transit, kalau di luar kurang tahu :)

      Hapus
  13. 2 minggu lagi saya juga akan nginep di changi nih, soalnya fllightnya nyampe di changi jam 00.00, ma kasih buat infonya helpfull banget, kalo sebelumnya saya ke mustafa untuk menunggu sampai pagi kalo besok stay di changi aja he he he...

    BalasHapus