Selasa, 24 Januari 2012

Menginap di Bandara Soekarno-Hatta


Saya pernah mendengar kata-kata seperti ini: “jangan ngaku backpacker kalo belum pernah nginep di bandara/stasiun kereta/terminal bis”. Dan hari ini saya akan menegaskan diri, bahwa saya adalah seorang backpacker (padahal emang gak punya duit buat sewa penginapan,jadi terpaksa tidur di bandara demi mengejar penerbangan pagi hari.hahah). Tapi untung saja saya tidak sendiri,karena ada seorang teman (mba octa) yang juga akan menginap di bandara soekarno-hatta . Awalnya  kami akan menginap di terminal 3, tapi tak jadi karena mengingat ini musing hujan takut kalau-kalau butir-butir air hujan akan membasahi kami saat hujan turun karena tempat menginap di terminal 3 sendiri ada di luar ruangan (langsung berhadapan dengan udara luar tanpa ada pembatas meski ada atap).
Setelah tanya sana sini, cari-cari artikel di google ahirnya kita putuskan untuk menginap di terminal 2 (keberangkata). Karena selain rada sepi, juga karena tempat duduk (yang nantinya akan kita jadikan sebagai tempat tidur) ada di dalam ruangan. Jadi kami akan sedikit terbebas dari udara malam yang dingin (meski di sini juga dingin,karena ruanganganya menggunakan pendingin udara).

Pukul 8 malam saya sampai di bandara soekarno hatta terminal 2E keberangkatan luar negri (padahal kami berdua akan terbang di terminal 1C,hehe). Mba octa dengan ransel gedenya sudah menunggu saya di depan restoran cepat saji (AW), lalu kami masuk ke dalam terminal dan duduk-duduk di kursi (kursinya lebih menyerupai sebuah meja pendek  yang tersusun dari bialah-bilah kayu bisa di sebut juga berupa bale,kalau orang sunda menyebutnya amben). Di sini juga ada  rombongan ibu-ibu berseragam batik yang heboh banget mau ngetrip ke korea (nah saya kapan ya? Doakan saja,amin *ngarep). Ternyata di sini juga bukan hanya kami yang menginap,karena banyak juga wisatawan asing yang sudah mengelar selimut di atas kursi. Namun sayang kursi di sini (bale) tidak terlalu nyaman untuk tidur,karena tepat di tengah-tengah ada sebuah tiang yang membatasi,jadi tidurnya gak bisa slonjoran. 

Sekitar jam 22 bandara sudah mulai sepi dan kita sudah siap-siap tidur,kami tidur di dekat pintu pemeriksaan tiket di terminal 2E dekat mesin penjual minuman kaleng. Tapi suara pangilan untuk boarding yang terus-terusan berbunyi membuat saya tidak mampu tidur,belum lagi posisi kaki yang harus di tekuk agar muat di kursi membuat rasa tak nyaman. Sampai ahirnya saya bangun dan membangunkan mba octa untuk pindah ke tempat yang lebih baik. Kami berjalan menuju terminal 2D melewati beberapa toko yang sudah mulai tutup,hingga ahirnya kami bertemu sopa empuk milik donkin donuts yang nampaknya sudah tutup, tanpa basa basi kami mulai mengatur sopa,menjajarkanya sehingga bisa kami pakai buat tidur. Baru merebahkan diri sebentar,terdengar suara gaduh dari dalam kios,rupanya masih ada petugas yang sedang beres-beres. Kemudian saya menghampiri petugas yang sedang beres-beres tersebut dan meminta izin untuk memakai sopa buat tidur. Tapi sial, sopa itu malah mau di masukin ke dalam toko. Ahirnya kami pergi dari situ dan merelakan sopa empuk yang harusnya kami tiduri.

Kaki kami terhenti saat melewati kursi yang sama persisi dengan yang  tadi kami pakai tidur,bedanya di kursi ini tidak ada pembatas kayu,sehingga kami bisa tidur tanpa harus melipat kaki. Namun sayang kursi ini masih di pake orang buat duduk-duduk,jadi kami tidak bisa menggunakannya untuk tidur. Kami terus berjalan sampai terhenti di ujung lorong dan di sini ada musolahnya,saat mau masuk musolah buat tidur, kami kaget melihat banyaknya orang yang tidur di sini. Dengan langkah kaki yang semakin  berat karena kami sudah benar-benar ngantuk kami kembali ke kursi yang menjadi incaran kami. Sembari menunggu orang-orang yang mendudukinya pergi,kami tidur di kursi yang tak jauh dari sana. Begitu orang-orang itu pergi,kami berdua bergegas ke kursi tersebut,tapi sayang kursi yang gak ada pembatasnya cuma ada satu. Dan karena postur tubuh mba octa yang mungil, mba octa memberikan kursi itu buat saya, sementara dia tetap tidur di kursi yang ada penghalangnya. Thank mba octa atas pengertianyan.. :P . Dan ahirnya kamipun bisa tidur dengan nyenyak (?) . Fyi: sebenarnya di terminal ini terdapat beberapa musolah yang saya pikir akan jauh lebih nyaman dari pada tidur di kursi. Hanya saja kita harus secepat mungkin menempati musolah untuk mencari posisi yang nyaman.

ZZZzzzzzzz.....

Sekitar pukul 3:30 dini hari alarm berbunyi,mau gak mau kami harus bangun. Padahal baru tidur jam 11 malam. Setelah bersih-bersih,kita berdua ke luar bandara nungguin shutel bus gratis (bis warna kuning) yang akan mengantar kita ke terminal 1C. Jam 4 sudah berlalu tapi tak kunjung datang juga itu bis yang kami tunggu,padahal kami sudah memastikan bis itu dengan bertanya ke petugas bandara. Karena sudah lama menunggu,kami putuskan untuk jalan kaki ke terminal 1C (padahal jauh banget,di pikiran saya saat itu terminal 1C cukup dekat). Dari terminal keberangkatan,kami turun ke terminal ke datangan. Dan di sini mba octa bertanya jarak terminal 2D ke 1C pada penjaga toko roti. Si penjaga toko itu tidak menganjurkan kami untuk jalan karena jaraknya jauh,si penjaga roti menyarankan untuk kembali naik ke atas dan menunggu shutel bis. Kami pun putuskan untuk kembali ke atas,dan tak lama kemudian kami meliah shutel bus menghampiri kami, dan mengantarkan kami ke terminal 1C. Fyi: shutel bus (warna kuning) ini beroprasi dari jam 4 pagi (aktualnya jam 4:30) sampai sekitar  jam 9 malam, bis ini akan terus berkeliling bandara dari terminal 1,terminal 2,terminal 3 dan kembali lagi ke terminal 1. Untuk di terminal 2,bis ini hanya akan melewati jalan bagian atas(terminal keberangkatan) dan menaiki bis ini tidak di pungut bayaran alias gratis.

belum mandi pun tetap narsis,hehe

Setibanya di terminal 1C, kita masuk dan langsung chek in untuk kemudian menuju ruang tunggu. Pukul 6:30 mba octa sudah boarding dengan tujuan surabaya semenatar saya boarding pukul 7 tujuan medan.
Sebuah pengalaman yang berharga,suatu saat pasti akan saya lakukan kembali,, hehe

83 komentar:

  1. hmmm... kalo saya pernah tidur di terminal 1B bagian atas (waving gallery). tapi saat itu saya pakai sleeping bag sih.. nggak ramai orang lewat, cuma agak bising sama suara pesawat yang datang dan pergi..

    kalau di terminal 2 sih ada tempat yang aman, nyaman, dan sepi yaitu di depan kantor merpati dispatch center.. heuheuu..

    BalasHapus
  2. pengalaman yang seru mas,,hehe

    BalasHapus
  3. mantap gan ceritanya, ane belum pernah ngerasain sih tidur di bandara mh. kalo urusan tidur mh, kalo dah cape mha ane tidur dmna j. haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank gan.. yoi kalo udah ngntuk bgt di emperan toko aja jadi,,hehe

      Hapus
  4. saya blom pernah tidur di bandara, kayaknya seru, sekali - kali pengen nyoba juga :D

    BalasHapus
  5. emang boleh ya?
    takutnya ada satpam ngusir >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,boleh kok,,malah saya dah 2 x dan lancar-lancar aja tuh,,, :)

      Hapus
  6. untunglah sy membaca blog ini.. jd ga ragu lg mau nginap di bandara
    yg insya allah akan sy lakukan dlm waktu dekat ini. thx info ny mas biru langit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senang kalau tulisan sy bisa bermanfaat :)

      Hapus
  7. artikel menarik.. backpacker sejati, nih..

    BalasHapus
  8. sipp..mantap bro, nice shared btw :)
    boleh nih ntar kapan2 dipraktekin, mumpung jarak rumah ke soetta cuman selemparan batu. hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah,,,kalau rumah y deket ngapain nginep di soetta,,,heheheh
      tgl 11 sep kayak y saya mau nginep lg d bandara,,,coz dpt penerbangan jam 5.30 pg,,hehehe

      Hapus
    2. maksudnya entaran kalo dapet penerbangan pagi, meskipun rumah deket. hehehe.
      wihh..jalan2 mulu, asaan di forum BPI entar tgl 22 nya ngajak naik ke gunung batur :D

      Hapus
    3. heheheh...iya itu saya,,,gabung nyok..

      Hapus
    4. mas.. tgl 11 sept ini ya? mau nginap lagi di bandara soetta?
      terminal berapa? saya ada rencana juga pengen nginap tgl 11 itu.
      saya dapat penerbangan jam 6.35 citilink, di terminal 1C kyknya ya?

      Hapus
    5. iya insya allah.. d terminal 2 saya nginep y bareng temen,coz d situ lebih nyaman :)

      Hapus
    6. oo.. terminal 2 ya.
      sempet ke terminal 1 ga ya paginya pake shuttle bus?

      Hapus
    7. FYI : shuttle bus sekarang beroprsai 24 jam :)

      Hapus
    8. kalo di terminal 1 A enak gak , jarak nya dari termianal 1 A ke terminal 2 berapa jauh?... bales

      Hapus
  9. bisa tuh saya ntar nyoba tidur di Bandara, tp gimana tuh klau kesiangan ya?. pasti nyesal kuadrat nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha,,,yang ada gak akan bisa nyenyak tidurnya qor, jd kecil kemungkinan kesiangan,,hehehe

      Hapus
  10. wahh... pada ngumpul, halo bang QOri :)
    tidur dibandara juga kang ? dulu pengalaman tidur dibandara tahun 2011 waktu mau trip jogja. tidur diterminal 1c lumayan rame.. *untung ada bule hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah nginep d bandara juga..hahaha :D

      Hapus
  11. Wah.. Ternyata banyak yg pernah tidur d bandara. Mw nginap d bandara malam ini. Pas googling nyampe di blog ini. Makasi mas infonya, sangat berguna.. Kirain bakal diusir satpam kl nginap d bandara.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,,, selamt menikmati bangku2 bandara y.. :)

      Hapus
  12. mantap mas pengalamannya, jadi pgn coba tidur di bandara ne, biar irit ongkos klo mau jalan2 huehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan hemat dan gak begitu buruk kok tempatnya :)

      Hapus
  13. wah thanks infonya saya mau terbang pake mandala jam 5.35 dan damri paling pagi pun ga akan keburu, smoga lancar dan aman nanti mau coba di terminal 3..

    BalasHapus
  14. sama2...semoga betah tidur di bandara y :p

    BalasHapus
  15. seru nih pengalamannya..eh, serius nih aman tidur di bandara soeta? ak sih rencana Maret mo balik Indo en sampai Jakarta jam 18.10 en mo ngejar penerbangan pagi ke Yogya, cause yang penerbangan malam gak ada lagi ke Yogya. Itu kalo bawa koper guede rempong gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini aman kok mba, sampai saat ini saya malah sudah 3 nginep di sana dan tak ada hal yg tak di inginkan,,hehe. banyak juga kok orang2 yg nginep jd jangan takut..

      Hapus
  16. Pengalaman yang seru mbak. Jadi pengen ngerasain tidur di bandara.
    Cuman kalau tidurnya pas di pos kedatangan, ada tempatnya ga ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, salah sebut merk
      Maaf mas :D

      Hapus
    2. Aduh masa segini gantengnya di sebut mba (ganteng segini aja bangga,hahaha). kalau di terminal 2 ada kok bangku-bangku panjang kyk yg di atas, tp saya lebih nyaranin di terminal keberangkatan aja coz gak langsung berhadapan dengan udara luar yg dinigin ;)

      Hapus
    3. hehe, iya mas *garuk-garuk kepala yang tidak gatal

      emang boleh masuk ya kalau dari pos kedatangan trus masuk ke pos keberangkatan? (maklum ni, masih katrok buat naik pesawat, hehe)

      Hapus
    4. kalau di terminal 2 bisa kok mba diem di area keberangkatan,,nah kalau masuk ke ruang cek in baru gak bisa, coz buat yg pegang tiket pesawat aja :)

      Hapus
  17. mantap mas, bro atas sharingnya. tgl 28 desember ini mau nyoba. dari padang jam 9 malam jadi di jakarta jam 11 malam, mau lanjut ke semarang penerbnagan pagi naik air asia.
    emang terminal 3 ga cocok buat tiduran masbrow, padahal target utamanya tuh di terminal tiga, sekalian bareng dengan terminal keberangkatan air asia.
    jadi kalau diatas jam 9 sudah aga ada shuttle bus yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas, kalau saya kurang suka T3 coz kursinya berada di luar,langsung bersentuhan dengan udara luar blm lagi kalau hujan pasti jd dingin bgt,,
      Tenang, shuttle bus sekarang tersedia 24 jam nonstop kok,,
      semoga nyaman ya tidurnya ,,hehehe

      Hapus
    2. wah sayang sekali,cba kalo tgl 1 jan, bsa brg nih...

      Hapus
  18. Thanks infonyaaaa mas biru langit :) terminal 2 dr terminal 3 jauh gak yah ? Soalnya dari riau tgl 5maret 2013 via batavia, trus besok jam 12 nya cek in ke bali tgl 6maret . Bagusnyaa tidur di emperan mana yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jalanannya gak macet deket kok, gk lebih dari 10 menit. Ikutin seperti saya aja, lebih nyaman,,hehe

      Hapus
  19. Aman ga mas tdr di bandara?ada rencana ni tdr d bndara krna penerbangan nyampe jam 11 lebih.itu jg kalo ga delay.kalo d terminal 1 kira2 tempatnya dimana?masih banyak orang ga ya diatas jam 12 gtu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini aman kok..kalau d terminal 1 kurang tahu nginep d mana tp biasanya d musolah dkt halte damri.

      Hapus
  20. wah, mantap rncana ane mau nginap juga di bandara. ngejar pesawat pagi ke padang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik Mandala ya??? tgl berapa? saya juga mau ke padang naik mandala,,hehehe :D

      Hapus
    2. ane ke pdg tgl 11. tgl brpa k pdg? brang kali bisa sama haha

      Hapus
    3. Malam ini saya nginep..bsk k padang nya.

      Hapus
  21. ada tempat nginap yang punya colokan listrik gak mas ?? hehe

    BalasHapus
  22. Rencana Mei ini akan bermalam di bandara tapi bukan untuk penerbangan selanjutnya tapi menunggu rombongan yg akan bergabung di pagi hari. Apa ada tempat tertutup untuk menunggu di terminal kedatangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending nunggu di terminal keberangkatan saja (terminal 2), coz tempatnya tertutup.

      Hapus
  23. Akhir bulan ini bakal terbang jam 3.15 pagi, dan kayak nya mesti numpang nunggu di bandara :(

    BalasHapus
  24. Ada yg mau barengan nginep di bandara soetta tgl 17/3 besok???

    BalasHapus
  25. Asiikkk
    sudah tak putusin pas pulang besok harus nginep Di bandara
    pngalamane mantap bos,jd bkin penasaran hahaha

    lgyan klo g nginep harus brangkat dari bogor jam 2 pagi,gilak bisa merem melek Di jalan ni

    BalasHapus
  26. untung baca blog nya saya jadi yakin bin sahee buat nginep, saya smpai dari riau jam 23.30 naik mandala dan subuh nya lnjut bali jam 4.30..

    BalasHapus
  27. mas, aku rencana mau nginap di bandaranya sama suami dan anak ku yang masih 4 tahun, aman ga tu klo bawa anak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok, tas y di bikin bantal aja n anaknya di dekap kalau mau tdr :)

      Hapus
  28. mas, mau tanya nih, minta saran dah, gw mau baru2 beli tiket pesawat air asia maunya berangkat malam dr makassar 21 malam, malah salah pesan tgl 21 subuh berangkat dari makassar, jadinya punya waktu 1 harian full sampai berangkat tgl 22 mei. nah mau tanya pendapat ato saran dari teman2 traveler, kira2 waktu segitu banyak di apain ya? kan tidak mungkin tunggu 24 jam di bandara (bosan pasti). jadi kira2 mau habisin waktu yg dekat2 dengan bandara di mana ya? thanx buat yg mau jawab pertanyaan saya. bisa kirim ya jawabannya ke email saja s1d3wind3r@yahoo.com. sy tunggu balasan agan-agan sekalian.

    BalasHapus
  29. Pengalaman tidur di bandara emang pengalaman yang tak terlupakan dah haha.. *pengalaman tidur di LCCT sama bandara Makassar*

    BalasHapus
  30. sy dah pernah tidur di 3 bandara, LCCT, soetta ama haneda. dihaneda malah ampir tiap malem tidur disono selama seminggu, bener2 ngehemat duit. yg pasti buat tidur dibandara minimal punya jaket tebel, biar g masuk angin. huehehehe

    BalasHapus
  31. Wah... seru2 ya cerita para Backpacker. Ane pernah nginep di stasiun, terminal ama di harbour. Tinggal di bandara lagi neh yg bloman. Kebetulan 26 Juni 2013 ane ada penerbangan pagi ke Medan. Kira2, ada yg mau bareng 'nginep' ga yaa... :p

    BalasHapus
  32. saya ada rencana pulang ke indo awal agustus bulan depan, aman nggak klw istirahat di terminal 2 (kedatangan), lokasi yg aman di mana...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih lebih suka di terminal ke berangkatan, lebih ngerasa aman aja coz tempatnya rame.

      Hapus
  33. wah seru banget...
    ada info tempat nginep yang recommended ngga di terminal 3 soetta?
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di terminal 3 ada kursi2 di depan pintu kedatangan, tp tempatnya outdor jd dingin bgt kalau malam.

      Hapus
  34. Wah nice posting mas.. Thanks buat infonya. Kebetulan lg berencana mau nginap dibandara soeta, karna mau ambil flight pagi biar murah. Kira2 buat cewek sendiri gt aman gak ya mas? N yg aman or rame kira@ diterminal berapa ya mas? Thanks atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah aman kok mba, saya saranin di terminal 2 aja bagian keberangkatan :)

      Hapus
  35. waaaah, nice posting mas, ini bner2 menghilangkan keraguan saya buat nginep di bandara nanti, karena nanti kali pertama saya bakal nginep di bandara.. hehe.. jd aman dan yakin deh.. TOP bgt deh mas yg satu ini :D tengkyuu tengkyuu~

    BalasHapus
  36. mas, shuttle sekarang udah 24 jam yaa ? kalo taksi jam 4an pagi gituu udah ada belum di soetta ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 24 jam, taxsi kyky ada 24 jam juga deh :)

      Hapus
  37. keren mas, saya juga pernah 2x tidur di bandara phuket sama klcc, besok rencana mau nginep di soetta tapi kali ini sendirian, oh ya di soetta ada kamar mandinya gak mas ? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada mas, cuma ada toilet aja... padahal kalau ada kamar mandi lebih enak ya :)

      Hapus
  38. wah keren postingan nya..rencana tgl 15 ini mau nginep di bandara soetta..awal nya ragu tp setelah baca postingan mas biru langit jadi yakin bwt nginep d bandara..semoga ntar aman2 aja deh hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba,,,
      Selamat menginap :p

      Hapus
    2. Mba Marita jadi nginep d bandara? Terminal brp mba?
      Mas biru langit, ampe skrg terminal 3 msh tetep di luar t4 tidur gratisnya?
      Pokoke thanks banget artikelnya ya... sy jadi smakin semangat gak cari penginapa di skitr bandara :-).
      Alamat pastinya di Terminal 2E keberangkatan deket mushola gtu ya...

      Hapus
    3. Iya mba mending di daerah di situ? sepi jd gak akan k ganggu,,,hehehe

      Hapus
    4. Sedang dilaksanakan neh @Soetta 2E ... sleep dulu ampe jam 3 hehehe

      Hapus
  39. Di terminal 3 bisa kok nginep di dalem, kan ada tuh tempat bermain anak-anak itu biasanya dipake tidur juga, atau di lantai 2 deket atm-atm kalo malem kan toko-toko udah tutup nah sofanya bisa diatur buat tiduran, saya dulu gitu soalnya daripada di luar kena angin malam sama asap rokok :D :D

    BalasHapus
  40. Lg d terminal 2 ni... kl buat tdur harus dluar ya. Kl check in dlu trus masuk ruang tnggu blh ga....

    BalasHapus
  41. Lg d terminal 2 ni... kl buat tdur harus dluar ya. Kl check in dlu trus masuk ruang tnggu blh ga....

    BalasHapus