Selasa, 29 Mei 2012

Menikmati Pesona Sentosa Island

Dari orchard road,saya kembali menuju stasiun MRT orchard untuk melanjutkan perjalanan ke sentosa island ( stasiun harbour front). Namun karena beda jalur,saya harus pindah jalur di stasiun dhoby ghaut dan menaiki MRT yang ke arah stasiun harbour front. Untuk mencapai stasiun harbour front dari orchard saya harus mengeluarkan uang sebesar  1,7 SGD.
Sekitar pukul 11:45 saya sudah sampai di stasiun harbour front yang menyatu dengan vivo city shopping centre. Saya langsung menuju tempat pembelian tiket monorail di  lantai 3. Sesampainya di lantai 3,saya menyempatkan diri untuk memilih menikmati view sentosa island dari rooftop sky park terlebih dulu. View dari sini sangat indah dengan kapal-kapal  yang berseliweran di selat antara pulau sentosa dengan daratan singapura. Tak hanya itu,di sini kita juga bisa melihat pulau sentosa dengan bangunan-bangunan unik dan kereta gantung yang menghubungkan pulau sentosa dan singapura. Ada juga pelabuhan fery yang melayani penumpang  menuju  pulau batam.
view dari rooftop sky park
Puas berpanas-panasan di rooftop sky park,saya kembali ke tempat pembelian tiket monorail  yang akan membawa saya ke sentosa. Di sini saya sempat bingun karena saya tak melihat tempat penjualan tiket monorail,saya hanya melihat kios yang melayani orang-orang yang akan membeli tiket pertunjukan yang ada di sentosa. Tapi entahlah,mungkin saya yang kurang begitu paham di mana harus membeli tiket monorail menuju sentosa atau memang gak ada kiosnya,sampai ahirnya saya menemukan beberapa  buah mesin tiket otomatis yang menjual tiket monorail menuju sentosa . Harga tiket monorail pulang pergi (sudah termasuk tiket masuk) sebesar 3 SGD per orang. Selesai dengan urusan tiket,saya menuju peron dan menunggu monorail yang akan membawa saya ke pulau sentosa. *Fyi: ada 3 buah stasiun yang akan di lewati di sentosa island. Yang pertama bernama  waterfront station,jika tujuan anda universal studio,makan harus turun di sini. Yang ke 2 imbiah station di sini terdapat patung merlion yang gede banget. Dan yang ke 3 sekaligus yang terahir adalah beach station,jika ingin menikmati siloso beach dan palawan beach maka turun di sini.
monorail
Tak begitu lama,datanglah monorail. Saya menaiki monorail dan berhenti di  stasiun pertama,karena memang tujuan pertama saya adalah universal studio. Suasana siang itu begitu cerah denga langit yang berwarna biru muda.  Sesampainya di stasiun pertama,saya langsung turun dan berjalan menuju pintu gerbang universal studio. Suasana di depan universal studio sudah sangat ramai dengan orang-orang yang berbondong-bondong berfoto di depan bola dunia khas universal studio. Cukup lama saya berdiam menikmati orang-orang yang memasang berbagai gaya di depan bola dunia ini,hehe. Sebenarnya saya ingin sekali masuk dan menikmati wahana yang ada di dalam universal studio,namun karena harga tiket  masuknya yang  sangat mahal (bagi saya),jadi saya urungkan niat itu. Saya hanya berputar-putar saja di sekitar universal studio.
Sampai ahirnya cacing-cacing di perut mulai teriak kelaparan. Saya pun melangkahkan kaki menuju bangunan malaysian food street  yang di dalamnya terdapat berbagai macam kedai makanan yang menyajikan makanan malaysia. Sepiring nasi lemak seharga 3 SGD cukup membuat cacing-cacing di dalam perut saya diam. Dari universal studio,saya kembali menuju waterfront station untuk melanjutkan perjalanan menuju imbiah station. Ohya  selama berada di sentosa island,kita bebas menaiki monorail tanpa di pungut biyaya lagi. Sesampainya di imbiah station,saya di sambut patung merlion yang ukuranya beberapa kali lebih besar di banding yang ada di merlion park. Suasana di sini cukup asri karena banyak pohon-pohon yang di tanam. Namun tak ada hal yang menarik di lakukan di sini,selain berfoto dengan merlion. Saya berjalan mengelilingi patung merlion dan menyusuri sungai buatan yang futuristik sampai ahirnya tiba di beach station. Dari sini saya berjalan menyusuri pantai siloso yang berpasir putih. Meski ini merupakan  pantai buatan, namun pantai ini cukup membuat saya betah bertahan lama di bawah terik matahari. Tapi tetap saja ada yang membuatnya kurang begitu indah,karena pemandangan di tengah laut yang di hiasi puluhan kapal-kapal besar. Di pantai ini terdapat juga gugusan-gugusan pulau kecil buatan. Dan di ujung pantai ini terdapat  jembatan yang menghubungkan pantai dan pulau kecil buatan itu.
siloso beach
Puas berkeliling pantai siloso,saya kembali berjalan menuju arah beach station dan melanjutkan berjalan menuju pantai palawan. Ohya sebenarnya ada mobil gandeng yang bisa mengantar kita berkeliling pantai siloso dan palawan secara gratis,kita hanya tinggal menunggunya di halte-halte yang tersedia.
Sesampainya di pantai palawan,suasananya lebih sedikit sepi di banding pantai siloso. Di sini hanya sedikit orang-orang yang bermain di pantai. Di pantai ini pun terdapat sebuah pulau yang ukuranya sedikit lebih besar dari pulau-pulau yang ada di pantai siloso.
palawan beach
Tak hanya itu,di sini pun terdapat jembatan gantung yang cukup panjang yang menghubungkan pulau dengan pantai. Tepat di tengah pulau berdiri kokoh bangunan kembar 4 lantai yang terbuat dari kayu, di lantai ke 3 terdapat jalan penghubung antara kedua bangunan ini. View dari sini begitu cantik,karena kita bisa melihat jembatan gantung dan siluet pantai nan indah. Tempat ini sangat cocok untuk melihat sunset,cukup lama saya berdiam diri di sini sembari meluruskan kaki saya yang sudah sangat pegal,sampai ahirnya saya memutuskan turun karena jam sudah menunjukan pukul 16:20,karena  masih banyak tempat yang akan saya datangi di singapura. Saat berjalan menuju beach station, saya mengisi botol air saya yang sudah mulai kosong di tempat keran air minum. Karena kaki sudah gak kuat lagi berjalan,saya pun  beristirahat di halte sembari menunggu mobil gandeng yang akan membawa saya ke beach statio. Sesampainya di  beach statio,saya kembali menaiki monorail menuju vivo city dan melanjutkan perjalanan ke sudut singapura yang lain.
view dari atas bangunan kayu
Setengah hari yang sangat berkesan di sentosa island,meski saya tak menikmati satu pun permainan yang di sediakan di sini. tapi saya sangat puas mengelilingi sebagian pulau ini.
Fyi: ada bebearap wahana yang geratis di pulau sentosa,di antaranya adalah Crane Dance ( 9 pm daily),dan  Lake of Dreams (9.30 pm daily)