Senin, 02 Juli 2012

Curug Cigentis, Objek Wisata Andalan Kabupaten Karawang


Apa yang anda pikirkan saat mendengar nama  Karawang?? Goyang?? Sawah?? Padi?? Atau puisi karya Chairil Anwar ( Karawang Bekasi)??  Yap tepat sekali,kota tempat saya lahir ini memang terkenal dengan julukan kota padi dan goyang karawang tentunya. Selain itu, karawang juga memiliki  potensi wisata yang cukup beragam, dari mulai wisata alam,wisata budaya,wisata sejarah dan wisata religi juga ada di sini.

 
(sumber gambar: www.tentangkarawang.blogspot.com)
Sebagai penduduk lokal yang lahir dan di besarkan di salah satu perkampungan di daerah karawang,tentu sedikit banyak saya pernah mengunjungi  beberapa objek wisata di kota ini. Sebut saja pantai tanjung baru,pantai pisangan,ataupun beberapa air terjun (curug) yang ada di daerah loji. Objek wisata di sini memang tak terlalu terkenal jika di bandingkan dengan objek wisata yang berada di daerah lain,namun keindahanya tak kalah dengan daerah lain.  Tapi sayang, banyak orang  yang belum mengetahui kalau karawang memiliki beberapa objek wisata yang sayang untuk di lewatkan,mengingat  jarak karawang  yang cukup dekat dengan ibu kota jakarta ( hanya sekitar 1,5  jam saja melalui jalan tol jakarta-cikampek).
Kali ini saya akan membahas tentang air terjun (curug) yang  menjadi primadona di kota ini,karena kebetulan baru-baru ini  saya berkesempatan  mngunjunginya untuk kesekian kali. Namanya curug cigentis, letaknya  berada di selatan karawang, tepatnya di desa mekarbuana  sekitar 35 KM dari pusat kota karawang. Transportasi umum menuju objek wisata ini bisa di bilang agak susah, karena  kita harus  berganti beberapa kali angkutan umum untuk sampi di sana. Oleh karena itu,  saya selalu mengunjunginya mengunakan sepeda motor, karena lebih hemat dan lebih cepat. Tapi jangan kawatir , buat yang mau mengunjunginya dengan kendaraan umum masih bisa kok, Saya akan jelaskan caranya nanti di ahir cerita.
View sepanjang perjalanan
Pukul 8 pagi, saya sudah siap-siap dengan motor yang akan membawa  saya menikmati keindahan curug cigentis hari ini. Setelah semua di rasa ok, saya memacu kendaraan  meninggalkan rumah, membelah jalanan karawang yang cukup sibuk pagi itu. Dari rumah,saya arahkan kendaraan saya menuju daerah Badami,karena daerah ini bisa di bilang gerbang menuju kawasan curug-curug yang ada di karawang.  Sepanjang perjalanan dari badami menuju daerah loji,kita akan di suguhi pemandangan yang luar biasa cantik,hamparan sawah yang hijau (beberapa ada juga yang sudah mulai mengunin)  akan memanjakan mata kita,di tambah lagi udara yang terasa semakin  sejuk ketika mendekati kawasan loji.  Setelah berkendara kurang lebih 1,5 jam, saya sampai di gerbang retribusi menuju kawasan loji (desa mekarbuana).  Di sini setiap kendaraan yang memasuki kawasan loji  di pungut biyaya sebesar Rp. 5000/ motor dan Rp.2500/ orang untuk pengendara mobil. Selesai dengan urusan retribusi, saya kembali memacu motor karena saya masih harus berkendara kurang lebih sejauh 2 Km dengan medan yang cukup menantang. Karena jalanan yang saya lewati sekarang  mulai sedikit  terjal, namun memiliki suasana yang sangat asri karena sudah berupa  kawasan hutan dan terdapat pula sungai besar dengan batu-batuan yang bertebaran di sepanjang alirannya. Di kawasan ini juga terdapat kampung wisata curug cigentis yang memiliki fasilitas water park mini (waterboom), outbound, Restauran,Villa,ATV, untuk memanjakan keluarga anda. (keterangan lebih lanjut mengenai kampung wisata bisa mengunjungi web resminya   http://www.kampungwisata.net )
kampung wisata cigentis (sumber gambar :http://www.kampungwisata.net)


Setelah mengendarai motor selama 10 menit, saya sampai di ahir jalan yang bisa di lewati oleh kendaraan, di sini saya menitipkan motor di rumah warga yang di pungsikan menjadi tempat penitipan motor/mobil. Dari sini saya harus berjalan sejauh 3 KM menuju curug cigentis dan atau 500 M menuju curug Bandung.
curug bandung,(sumber gambar: www.jabarprov.go.id)
Perjalan menuju curug cigentis bisa di bilang cukup melelahkan buat mereka yang belum terbiasa tracking, tanjakan-tanjakan panjang dengan kemiringan yang cukup terjal di jamin membuat anda kehabisan nafas. Tapi jangan khawati, karena sepanjang perjalan anda akan di suguhi pemandangan yang luar biasa cantik. Perbukitan hijau,gemericik air,kicauan burung dan suara serangga huta akan menemani perjalanan anda. Di tambah lagi udara yang bersih dan sejuk akan memanjakan paru-paru anda pastinya.
Sebaiknya anda mengunakan alas kaki yang nyaman dan membawa cukup bekal air minum. Karena  meskipun kita bisa menemui beberapa penjual air minum sepanjang perjalanan,  tapi harganya cukup mahal, ya bisa di mengerti karena mereka perlu tenaga exstra untuk membawa makanan dan minuman ke sini. 

Setelah berjalan selama 30 menit,saya sampai di pintu masuk menuju kawasan curug. Untuk memasuki kawasan curug cigentis, saya harus membayar tiket masuk sebesar Rp.8000 / orang.  Beberapa meter setelah gerbang pintu masuk, saya disambut jembatan bambu yang menyebrangi aliran air sungai yang bersumber dari curug. Dari sini, suara gemuruh air curug sudah sangat terdengar jelas. Dan setelah beberapa meter melangkah, terlihatlah kemegahan curug cigentis dengan debit air yang mengalir cukup deras siang itu. Walau pun perlu perjuangan keras menuju sini, tapi semua rasa lelah itu lenyap seketika saat cipratan air membasahi tubuh. Sungguh sebuah mahakarya tuhan yang luar biasa indah. Sebenarnya saya sudah berkali-kali  mengujungi air terjun ini, namun pesonanya tak pernah membuat saya bosan.

Jembatan Bambu
Curug Cigentis


Fasilitas di objek wisata  ini bisa di bilang cukup memadai, karena sudah terdapat cukup banyak warung yang bisa memuaskan rasa lapar anda setelah lelah berjalan. Ada juga sarana kamar ganti serta musolah, jadi buat anda  yang mau berbasah-basahan atau menunaikan solat  tidak usah kawatir.
Setelah cukup puas bermain air dan mengisi perut yang memang sudah keroncongan. Saya putuskan untuk mengahiri kunjungan saya hari ini dan kembali turun menuju parkiran motor. Buat anda yang sedang berkunjung ke karawang, tidak ada salahnya memasukan curug cigentis dalam daftar tempat yang harus anda kunjungi selama kunjungan anda di karawang.


sumber gambar www.bismania.com
Ohnya  Buat yang ingin mengunjungi curug ini namun tidak memiliki kendaraan pribadi,bisa mengandalkan angkutan umum (mobil elf) yang  melayani trayek karawang (gor panatayuda) – Pasar Loji dengan tarif berkisar Rp.10.000 / orang dan  lama perjalanan sekitar 2,5-3 jam tergantung kondisi lalu lintas. Buat yang berada di luar wilayah karawang (khususnya  jakarta) bisa menggunakan  bis umum  (agra mas / warga baru) dari terminal Kampung rambutan / Tanjung Priok menuju karawang (tarifnya berkisar Rp.8000-11.000) ,dan minta di turunkan di daerah badami ( 500 meter setelah keluar pintu  gerbang tol karawang barat) . Dari badami tinggal menyambung mengunakan angkutan elf menuju pasar loji.  Sesampainya di pasar loji,anda harus berganti angkutan menggunakan ojek menuju kawasan loji (parkiran motor) dengan tarif berkisar Rp.10.000-15.000 (tergantung cara anda menawar). Dari kawasan loji (parkiran motor) anda tinggal berjalan kaki seperti yang saya lakukan. Ada baiknya anda  meminta no hp tukang ojek agar anda bisa minta di jemput saat anda akan pulang nanti.Perlu anda ketahui juga kalau  mobil elf hanya beroprasi dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore saja.  Jika anda kemalaman anda bisa menumpang tidur di pemukiman warga / menyewa villa di kampung wisata. Atau jika ingin lebih berhemat lagi anda bisa membuka tenda di kawasan ini, pasti akan sangat menyenangkan bukan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak  mengunjungi air terjun ini bukan.
Happy traveling :)

9 komentar:

  1. objek wisata nya lengkap yaaa disini, aku pikir cuman curug aja. Kayak nya wajib di kunjungin nich

    thanks
    http://cumilebay.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak ada kampung wisata jd lumayan lengkap..ayo mampir :)

      Hapus
  2. ada penginapannya gak??
    kalau paket buat bikin acara bisa gak??
    terus kalau ada ap[a aja..
    pasilitasnya apa saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan langsung k http://www.kampungwisata.net

      Hapus
  3. wah lumayan bagus juga ya sob. , btw boleh minta info lengkap nya donk sob
    tolong info via email sy " dhublin@yahoo.com " makasih sebelumnya sob

    BalasHapus
  4. Mas, bawa anak 2 tahun 3 bulan aman ga ya?
    Thanks for reply

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok mba, banyak jg yang pada bawa anak kecil :)
      jalanya juga lebar, jd gak perlu khawatir.

      Hapus
  5. postingan nya mantap...dah hampir 3 tahun ga pernah ke curug lagi sekarang dah berubah,izin share ya fhoto sama artikelnya.

    BalasHapus
  6. Cigentis yang buat Rafi mantep juga

    BalasHapus